Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menjalin kemitraan strategis dengan Universitas Indonesia (UI) dalam upaya meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelayanan publik melalui penandatanganan MoU.

Penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua entitas tersebut berlangsung dengan meriah di Gedung Science Park, Kampus UI Depok, Kamis (21/3)

Acara penandatanganan kesepakatan tersebut disaksikan oleh sejumlah pejabat penting di antaranya Bupati Nias Selatan Hilarius Duha serta Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro.

"Kerja sama ini mencerminkan komitmen kami untuk mengembangkan potensi SDM dan mendorong inovasi dalam berbagai sektor," kata Bupati Hilarius Duha.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa serta sejumlah pejabat penting dari kedua belah pihak, seperti Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kadis Pendidikan, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Kadis Ketapang, Kaban Kesbangpol, dan Kabag Kerjasama Setda Kabupaten Nias Selatan, serta perwakilan dari Rektorat Kampus Universitas Indonesia.

Kesepakatan bersama yang ditandatangani mencakup beragam aspek, mulai dari pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, hingga pemberian beasiswa kepada masyarakat yang berasal dari Kabupaten Nias Selatan. 

"Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan wilayah dan meningkatkan akses pendidikan serta peluang bagi masyarakat Nias Selatan," kata Rektor UI Ari Kuncoro.

Kedua belah pihak sepakat untuk secara aktif terlibat dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, sebagai landasan bagi pengembangan yang berkelanjutan di Kabupaten Nias Selatan. (Walas)

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024