Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiska (BMKG) menyebutkan sejumlah daerah di Sumatera Utara berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang dalam beberapa hari ke depan.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah lereng timur, pegunungan hingga pantai barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologi lainnya," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Kamis.

Secara umum cuaca di Sumut dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan. Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Langkat, Deli Serdang, Binjai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Batubara, Asahan, Samosir, Toba, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasudutan, Samosir, Tapanuli Tengah, Sibolga, P. Sidempuan, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Samosir, Toba, Simalungun, P. Siantar, Asahan, Padang Lawas dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasudutan, Samosir, Tapanuli Tengah, Sibolga, P. Sidempuan, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Samosir, Toba, Simalungun, P. Siantar, Asahan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 18-33,0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen dan angin berhembus dari barat laut - timur dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.

"Sementara berdasarkan sensor modis berupa Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20, terpantau satu titik panas di Sumatera Utara yakni di Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024