Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus menghadiri peresmian masjid Masjid Al Musannif ke-44 yang dibangun di kompleks Pesantren Shohibul Arba'ah Desa Siamporik Kecamatan Kualuh Selatan, Senin (18/3).

Dalam sambutannya, bupati mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Haji Anif yang dipimpin Musa Rajekshah karena telah membiayai pembangunan masjid tersebut.

Hendriyanto menjelaskan, bangunan masjid tersebut dibangun di atas tanah yang diwakafkan oleh Ahad Naibaho seluas dua hektare. Sebagian lahannya dimanfaatkan untuk bangunan pesantren dan saran lainnya.

Ia juga menjelaskan, selain masjid yang diresmikan hari itu, Yayasan Haji Anif juga telah menyetujui untuk membangun satu masjid lagi yang terletak di Desa Telukpulai Dalam Kecamatan Kualuhleidong.

Sementara Musa Rajekshah selaku Ketua Yayasan Haji Anif menyebutkan, pembangunan masjid Al Musannif yang hingga kini telah mencapai 44 masjid tersebut merupakan amanah dari almarhum orang tuanya.

Mantan wakil gubernur Sumatera Utara itu juga menjelaskan, yayasan yang dipimpinnya berencana membuat 99 masjid di seluruh Indonesia. Selain membangun yang baru, pihaknya juga ada yang membangun kembali masjid yang sudah perlu perbaikan.

Namun, pihaknya mensyaratkan agar nama Al Musannif disematkan dalam setiap masjid yang dibangun yayasan tersebut. Walau demikian, pihaknya tidak akan menghilangkan nama pewakif sebelumnya.

Ia berharap masjid yang diresmikan hari itu bukan saja dimanfaatkan oleh santri atau penghuni pesantren semata, lokasinya yang berada di sisi jalan lintas Sumatra diharapkan dapat menjadi tempat umat yang melintas melaksanakan ibadah di situ.



 

Pewarta: Sukardi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024