Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar, Sumatera Utara, menggelar pasar murah selama sembilan hari pada bulan Ramadhan 1445 Hijriah untuk membantu warga masyarakat memperoleh sembako/bahan pokok dengan harga terjangkau.

Kegiatan pasar murah itu juga sebagai upaya untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan pokok menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani di Pematang Siantar, Senin, mengatakan pasar murah tersebut digelar di sejumlah lokasi di kota itu, sehingga lebih memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan pokok.

Karena memang salah satu target utama digelarnya pasar murah tersebut adalah memudahkan masyarakat memperoleh kebutuhan pokok serta mendekatkan antara produsen dan konsumen.

"Juga yang tidak kalah penting adalah digelarnya pasar murah itu untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan pokok menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah," katanya.

Adapun lokasi dan jadwal pasar murah, yakni di Lapangan Parkir Pariwisata, Segitiga Sibatu-batu Kelurahan Bah Kapul Kecamatan Siantar Sitalasari, dan Kantor Kelurahan Nagapita Kecamatan Siantar Martoba pada 18, 19 dan 20 Maret 2024.

Di Kantor Camat Siantar Utara, Kantor Camat Siantar Timur, dan Kantor Lurah Bantan Kecamatan Siantar Barat pada 25, 26 dan 27 Maret 2024.

Di Kantor Lurah Aek Nauli Kecamatan Siantar Selatan, Kantor Lurah Sukamaju Kecamatan Siantar Marihat, dan Kantor Lurah Pematang Marihat Kecamatan Siantar Marimbun pada 1,2 dan 3 April 2024.

"Komoditas yang dijual antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, telur, tepung terigu, cabai merah, bawang merah, bawang putih, sayuran, ikan asin dan ikan teri," katanya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar Muqorobin menyampaikan apresiasi ke Pemkot Pematang Siantar dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atas dukungan dan koordinasi dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah.

Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar, kata Muqorobin, siap memberikan dukungan dan bekerja sama dengan Pemkot Pematang Sianar untuk memantau perkembangan harga terutama menjelang Lebaran 2024.

Pewarta: Juraidi dan Waristo

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024