Wali Kota Medan Bobby Nasution mengajak seluruh warga setempat untuk bersama-sama menjaga kesucian bulan Ramadan dengan tidak berkumpul usai shalat subuh apalagi tawuran.
 
"Khususnya bagi anak-anak muda kalau subuh setelah sahur masih berkumpul dan tawuran, saya minta jangan dilakukan lagi," tegas Bobby dalam rilis ketika membuka Ramadhan Fair XVIII di Taman Sri Deli Medan, Sumut, Sabtu (16/3) malam.
 
Pihaknya mengingatkan kepada jajaran Pemkot Medan terus melakukan tindakan pengawasan dan pencegahan di wilayah masing-masing.
 
Ramadhan Fair XVIII bertujuan memperkuat ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan sektor perekonomian, terutama para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah UMKM Kota Medan.
 
Data Dinas Koperasi UKM Perindag Kota Medan pada 2022 menyebut jumlah pelaku UMKM di aplikasi SIMDAKOP UMKM (Sistem Pendataan Koperasi dan UMKM) Kota Medan sebanyak 38.343 UMKM.
 
Di antaranya UMKM yang terdaftar sebagai binaan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan berjumlah 1.825 UMKM.
 
Selain Taman Sri Deli di Jalan Masjid Raya, Ramadhan Fair yang berlangsung pada 16 Maret hingga 4 April 2024 ini juga digelar di Lapangan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan.
 
"Saya minta camat, lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas terus lakukan pengawasan. Jangan ada lagi anak-anak kita yang berkumpul usai shalat subuh dan tawuran, karena menodai bulan suci ini," tegas Bobby.
 
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman menambahkan bahwa kegiatan Ramadhan Fair VXIII merupakan kegiatan rutin bersifat tahunan yang terus dilakukan Pemkot Medan.

"Ramadhan Fair ini sudah menjadi ikon Kota Medan di bulan suci Ramadhan. Pelaku UMKM bisa berjualan menghidupkan perekonomian, sehingga keberkahan bisa dirasakan," katanya.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Benny Sinomba Siregar melaporkan Ramadhan Fair ke-XVIII digelar di dua lokasi, yakni Taman Sri Deli dan Lapangan Sepak Bola Rengas Pulau.
 
Pihaknya menyebut berbagai kegiatan mengisi kemeriahan Ramadhan Fair kali ini, di antaranya lomba tahfidz Al-Quran, lomba adzan, lomba sholawat dan lomba busana muslim.
 
"Selain itu ada juga ceramah agama, bazar UMKM dan hiburan musik religi yang dibawakan oleh artis dari kota Medan maupun dari ibu kota," jelasnya.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024