Dalam rangka Safari Ramadhan 1445 Hijriyah/Tahun 2024, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu ditemani Ulama asal Palestina Syekh Khalid Hany Mursyid berbuka puasa bersama masyarakat Kecamatan Batang Toru di kabupaten itu.

Demikian keterangan tertulis Bupati Tapsel yang diterima, Kamis (14/4). Kata Bupati buka puasa sekaligus shalat tarawih bersama masyarakat tersebut di   Masjid Istiqlal Wek I, Batang Toru pada Rabu (13/3).

Kepada para seluruh jamaah masjid, Bupati, mengatakan agenda safari ramadhan dilaksanakan Pemkab Tapsel setiap datangnya bulan suci Ramadhan.

"Namun kali ini ada yang istimewa. Kegiatan safari ramadhan bersama sejumlah organisasi perangkat daerah, majelis ulama, organisasi keagamaan dan islam ini kita membawa tamu (ulama) dari jalur Gaza Palestina," katanya.

Kehadiran ulama Palestina ini, kata Bupati, dalam rangka silaturahmi antar sesama. Sekaligus menyampaikan pesan moral situasi dan kondisi yang dihadapi rakyat Palestina yang tengah dibombardir zionis Israel meski pada Bulan Suci Ramadhan.

"Saudara-saudara kita seiman di Palestina kini dalam kondisi kesusahan. Jangankan beribadah, untuk makan/minum juga mereka kesusahan. Mari kita bantu (infaq) meringankan beban saudara-saudara kita di Palestina," seru Bupati.

Kegiatan safari ramadhan kali ini, Bupati juga menyerahkan 10 cetak Alquran, dua gulung ambal, dan satu unit vacum cleaner (pembersih sajadah) yang di terima pengurus badan ke nazir-an masjid Istiqlal, plus 10 kain sarung serta penyaluran zakat Baznas Tapsel kepada 10 orang yang berhak menerima.

Tidak itu saja, Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) Tapsel juga memberikan bantuan kepada masing-masing tujuh orang penerima, dan bantuan dari unit pengumpul zakat (UPZ) Kecamatan Batang Toru kepada masing-masing tujuh orang penerima.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024