Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengajak masyarakat khususnya Muslim untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah dengan hati dan jiwa yang bersih sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

"Semoga puasa tahun ini membawa kemakmuran dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Sumut dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita semua," ujar Hassanudin usai melaksanakan shalat tarawih, di Masjid Agung Sumut, Senin (11/3) malam.

Menurutnya, momen  Ramadhan harus dimanfaatkan dengan baik bagi setiap Muslim karena momen tersebut merupakan bulan penuh dengan keberkahan.

"Memasuki bulan puasa ini kita sama-sama ingin beramal. Jadikan momen Ramadhan ini untuk hal yang baik," kata dia.

Pada bulan Ramadhan, Hassanudin memastikan ketersediaan pasokan komoditas pangan di wilayahnya aman dan terkendali sehingga masyarakat merasa nyaman melaksanakan ibadah puasa.

"Pemprov Sumut selalu melakukan berbagai upaya untuk memastikan bahan pangan di Sumut tersedia sehingga tidak adanya terjadi kendala bagi masyarakat," sebutnya.

Berdasarkan data BPS, beras Sumut mencapai 26.699 ton, daging ayam 35.630 ton, dan telur ayam sebanyak 73 juta kg jumlah tersebut cukup untuk menghadapi bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

"Kami melakukan berbagai intervensi demi menjaga ketersediaan pangan sehingga kestabilitas harga terjamin di tengah masyarakat," jelasnya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan ketersediaan pasokan komoditas pangan pada bulan Suci Ramadhan tahun ini.

"Kami terus menggalakkan program pasar murah untuk mengendalikan harga komoditas khususnya beras yang dalam beberapa pekan lalu mengalami kenaikan. Saya sudah perintahkan pemerintah kabupaten/kota untuk terus mengendalikan untuk harga-harga tersebut," ujarnya.

Pada kegiatan Safari Ramadhan hari pertama, Hassanudin didampingi Sekretaris Daerah Provinsi dan sejumlah organisasi perangkat daerah melaksanakan shalat tarawih perdana di Masjid Agung Sumut yang baru selesai di renovasi pembangunannya.

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024, usai diputuskan melalui Sidang Isbat di Gedung Kemenag RI, Jakarta, Minggu (10/3).

"Hasil Sidang Isbat menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada hari Selasa," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat memimpin konferensi pers penetapan sidang Isbat

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024