Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin meminta Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumut meningkatkan program kepramukaan setelah mendapat dana hibah dari pemerintah provinsi.

“Saya mengingatkan kita semua, agar dana hibah digunakan untuk menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di bidang kepramukaan, untuk itu saya minta agar Kwarda dapat menggunakan dana ini secara penuh tanggungjawab," ujar Pj Gubernur Sumut melalui Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Kadispora) Sumut Baharuddin Siagian usai menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di Medan, Minggu.

Ia mengatakan Kwarda Pramuka Sumut harus mamanfaatkan dan hiba itu untuk kepentingan kelembangan kewirausahaan, keterampilan dan skill untuk bersiap menghadapi Bonus Demografi 2045.

"Pemberian hibah tidak dapat digunakan untuk kepentingan pribadi atau kegiatan-kegiatan seremonial saja. Dana ini harus digunakan untuk mendorong pencapaian sasaran program pramuka," kata dia.

Pada kesempatan itu, Kwarda Gerakan Pramuka Sumut diminta untuk memaparkan terlebih dahalu Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang memuat penggunaan dana hibah berupa program kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kwarda Pramuka Nurdin Lubis didampingi sejumlah pengurus pramuka lainnya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah provinsi karena terus berkomitmen memberikan pembinaan kepada Kwarda Pramuka.

"Kami mengapresiasi Pj Gubernur yang memberikan perhatian kepada pembinaan Pramuka di Sumut. Hal itu dibuktikan dengan komitmen Pemprov yang terus memberikan pembinaan kepada Kwarda Pramuka," ujar Nurdin Lubis.

Mantan Seketaris Daerah Provinsi Sumatera Utara ini mengajak seluruh jajaran pramuka di wilayah ini untuk terus melakukan program pembinaan kepramukaan hingga ke tingkat terbawah.

"Sehingga Pramuka di Sumut dapat meningkatkan prestasi," kata dia.

Pada tahun 2023, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut mengirimkan kontingen untuk mengikuti World Scout Jamboree atau Jambore Dunia yang dilaksanakan di Sea Man-Geum, Korea Selatan.

Pada kesempatan itu, Kontingen Sumatera Utara mengirimkan 47 peserta yang tergabung dalam Kontingen Garuda yang saat itu mengirimkan 1.586 peserta pada Jambore Dunia tersebut.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024