Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematang Siantar mematangkan persiapan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2024.

Kalapas Kelas IIA Pematang Siantar Pithra Jaya Saragih pun memimpin rapat di aula rapat, Senin (4/3) dan memotivasi jajarannya tetap berkomitmen merealisasikan dengan bekerja secara profesional. 

Pithra menekankan, perjuangan menuju WBK harus dilaksanakan seluruh pegawai dengan memahami reformasi birokrasi, bukan hanya Tim Kelompok Kerja saja. 

Dengan demikian katanya, pembangunan zona integritas bukan hanya sekadar ajang meraih suatu predikat, melainkan perwujudan komitmen integritas dari unit pelaksana tugas. 

Dalam rapat ini juga dibahas pelaksanaan puasa dan Sholat Tarawih pada bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah. 

Pithra mengimbau kepada para pejabat struktural untuk menyusun daftar khusus bagi petugas dan warga binaan untuk pelaksanaan Sholat Tarawih berjamaah. 

Begitu juga perlu pembentukan tim pengawalan Sholat Tarawih serta pengamanan dapur guna menghindari gangguan keamanan dan ketertiban Lapas di bulan suci Ramadhan.

Untuk diketahui, predikat zona integritas ini diberikan kepada unit pelaksana teknis yang mempunyai komitmen mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Peraihan predikat tersebut hanya dapat tercapai melalui kerja sama tiap pegawai serta pejabat untuk senantiasa membangun sistem yang bebas dari korupsi. 

Tahapan yang paling penting dalam zona integritas adalah membangun integritas pada unit instansi pemerintah melalui berbagai perubahan dan perbaikan yang terencana, masif, komprehensif, dan sistematis.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024