Sebanyak delapan atlet Shitoryu Indonesia Karatedo (Shindoka) Sumut akan mengikuti kejuaraan nasional (Kejurnas) oleh Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) 2024 pada 6-8 Maret mendatang di Tangerang, Banten. 
 
"Shindoka Sumut bersyukur karena kita bisa mengikutsertakan delapan karateka handal di kejurnas itu," ungkap Ketua Umum Shindoka Sumut Zulkarnain Lubis di Medan, Sabtu (2/3).
 
Adapun kedelapan atlet mengikuti kejurnas itu, jelas dia, Ali Fattah Harahap (Kata Cadet PA), Naswa Aulia Ramadhani (Kumite Cadet PI), M Dhijey Lexsie (Kumite Junior PA), dan Safriza Putri Utama (Kumite Junior PI). 
 
Kemudian Juan Lexsie (Kata U21 PA), Azizul Akbar Lubis (Kumite U21 PA), M Syawal Pratama Siregar (Kumite U21 PA) dan Nicky Dwi Oktari Putri Imelda (Kumite Senior PI) serta para atlet didampingi Pelatih Senpai Nova dan manajer tim. 
 
Menurutnya Pengda Shindoka Sumut tidak melakukan persiapan khusus karena selama ini menyelenggarakan pemusatan latihan jangka panjang dua lapis, sehingga seluruh atlet siap diterjunkan berbagai ajang.
 
"Semua atlet punya keinginan tersendiri untuk bisa mengikuti Kejurnas Forki ini, tapi harus melewati seleksi ketat, baik ditingkat Forki Sumut maupun PB Perguruan," tegas dia. 
 
Ia mengatakan bahwa agak disayangkan Forki Sumut tidak memberikan kesempatan kepada atlet-atlet kata mengikuti kejurnas ini dengan tidak melakukan seleksi.
 
"Padahal sebenarnya atlet-atlet kata karate Sumut cukup banyak potensial, baik di kelas kadet maupun junior bahkan U-21 sebenarnya bisa bersaing dengan atlet dari daerah lain," paparnya. 
 
Zulkarnain juga menuturkan, kalaupun atlet Sumut belum bisa meraih prestasi puncak, tetapi pasti tetap memerlukan pengalaman bertanding di berbagai level seperti kejurnas.
 
"Ini tentu banyak atlet karate kelompok kata sedih, karena 'dianaktirikan'. Atlet-atlet Shindoka Sumut mengikuti kejuaraan ini murni pembinaan bertahun-tahun mulai sabuk putih. Jadi tidak ada atlet eksodus perguruan lain," tegas dia. 
 
Mudah-mudahan kedelapan atlet Shindoka Sumut ini bisa berprestasi karena masih muda dan potensial berkembang dengan prestasi yang bagus pada masa akan datang, papar Zulkarnain.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024