Dinas Perdagangan Kabupaten Mandailing Natal mulai melakukan pendataan pedagang yang bakal menempati gedung baru di Pasar Baru Panyabungan.

Verifikasi dan validasi data ini dilakukan sehubungan akan dilaksanakannya pemungsian pasar  tersebut dalam waktu dekat. Pasar semi modren terbesar di Mandailing Natal itu sendiri memiliki sebanyak 506 kios dan 304 losd.

Kepala Dinas Perdagangan Mandailing Natal, Parlin Lubis yang dikonfirmasi ANTARA, Selasa (20/2) menyampaikan, para pedagang yang didata tersebut adalah para pedagang yang mengalami dampak akibat kebakaran pada tahun 2018 yang lalu.

"Verifikasi ini dilakukan sebagai dasar kita untuk melakukan penetapan calon yang nantinya akan menempati kios dan losd," katanya.

Untuk verifikasinya sendiri dilakukan dalam tiga tahap. Bagi calon pedagang yang akan menjual pakaian jadi dan bakal verifikasinya dilaksanakan mulai tanggal 22 sampai dengan 26 Februari 2024.

Sedangkan, bagi calon pedagang yang menjual emas, pecah belah, sepatu, sembako, aksesoris, elektronik, alat tulis kantor, kosmetik, toko obat, ambal dan jam dilakukan mulai tanggal 27 Februari sampai dengan 3 Maret 2024.

Sementara untuk losd dilakukan mulai tanggal 3 sampai 7 Maret 2024.

Dengan dilakukannya pendataan tersebut para calon pedagang yang akan menempati kios dan losd diminta untuk menyiapkan sejumlah persyaratan seperti foto copy kartu tanda penduduk domisili Kabupaten Mandailing Natal sebanyak dua lembar.

Kemudian, foto copy kartu keluarga domisili Kabupaten Mandailing Natal sebanyak dua lembar, pas photo berwarna ukuran 
4X6 cm tiga lembar, kartu bukti pemilik toko/kios/losd, surat perjanjian kepemilikan toko/kios/losd pasar baru Panyabungan atas nama pemohon.

Surat rekomendasi dari pengelola pasar, membuat surat pernyataan bermaterai Rp.10.000 bahwa pemohon adalah benar merupakan pedagang lama Pasar Baru Panyabungan, aktif berjualan menempati toko,kios dan losd serta tidak menyewakannya kepada pihak lain dan surat nomor induk berusaha.

"Sejumlah persyaratan tersebut nantinya dimasukkan ke dalam map biasa. Map warna merah untuk kios pakaian jadi, dan map warna kuning untuk kios emas, pecah belah, sepatu, aksesoris, elektronik, toko obat, ambal dan jam. Sedangkan untuk losd menggunakan map warna biru," jelas Parlin.

Berkas tersebut diantarkan langsung ke kantor Pasar Baru Panyabungan di Kelurahan Sipolu-polu, Kecamatan Panyabungan atau untuk informasi lebih lanjutnya dapat menghubungi Leli Faridah di 0821-6651-8676 dan Dian Novita di 0822 7787-4967.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024