Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyebutkan sudah meraih enam kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Madina pada Pemilu 2024.

Atas raihan itu, Ketua PKB Madina, Khoruddin Faslah Siregar dinilai sukses membawa partai yang diketuai A Muhaimin Iskandar itu meraih pimpinan dewan di DPRD Madina.

Berdasarkan hasil perhitungan real qount internal partai dari lima Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di kabupaten itu dan sumber lain yang datanya sudah dinyatakan valid pada Pemilu tahun ini, partai tersebut mengklaim sudah memperoleh sebanyak 38.687 suara.

"Untuk semua Dapil, Pkb Madina mudah-mudahan sudah meraih enam kursi. Tinggal menunggu satu kursi belum pasti yakni untuk Dapil IV wilayah Pantai Barat. Disana kemungkinan kita mendapat dua kursi karena kita mendapat suara 9.400 lebih," ujar Ketua Dpc PKB Mandailing Natal, Khoiruddin Faslah Siregar yang dikonfirmasi ANTARA, Senin (19/2).

Ia menyampaikan, perolehan suara terdiri dari 9.326 suara di Dapil I, Dapil II, 6.761 suara, Dapil III, 5.620 suara, Dapil IV, 9.400 suara dan Dapil V sebanyak 7.580 suara.

Atas raihan itu, lanjut Faslah membuktikan jika trend elektabilitas PKB di Pemilu tahun ini mengalami kenaikan yang signifikan bila dibandingkan pada Pemilu 2019.

"Trend elektabilitas PKB di Madina sangat signifikan naik. Kenaikannya hampir 70 persen bila dibandingkan dengan perolehan Pemilu 2019," ujarnya.

Dia menjelaskan, perolehan suara itu mayoritas mendominasi seluruh Dapil yang ada di Mandailing Natal.

"Semua mendominasi sebenarnya dari perolehan suaranya kita di dapil I mahal misalnya hampir mencapai 2 kursi, namun kita kalah dengan Perindo di kursi ke 10," katanya.

Begitu juga di Dapil II, PKB hanya memperoleh 1 kursi dengan perolehan suara sebanyak 6.761 suara. Hal yang sama juga di Dapil III memperoleh 1 kursi dengan perolehan suara sebanyak 5.620 suara.

"Untuk Dapil 4, kita meraih suara sebanyak 9.400 ini yang menunggu data validnya apakah dua kursi atau tidak. Dan dapil V kita prediksi sebanyak dua kursi," jelas Ketua PKB Madina itu.

Meskipun perolehan suara itu sudah dinyatakan valid berdasarkan perhitungan internal partai, Faslah menyebut akan tetap menunggu keputusan resmi dari KPU Madina.

Adapun Caleg-caleg PKB yang diprediksi akan duduk di DPRD Madina pada Pemilu 2024 ini adalah, Miftahul Falah (untuk Dapil I), Muslim Pulungan (Dapil II), Edi Anwar (Dapil III), antara Hj Melati dan Sunita (Dapil IV), antara Taufik Siregar dengan Mangaraja Pinayungan (Dapil V).

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024