Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Utara yakin mampu meraih sedikitnya enam medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 dimana Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah bersama Aceh.

"Kita tidak muluk-muluk dengan target 6 emas. Target itu sudah kita kaji berdasarkan peta kekuatan atletik secara nasional dan kekuatan atlet yang kita miliki saat ini yang saat ini menjalani pemusatan latihan," kata Ketua Pengprov PASI Sumut David Luther Lubis di Medan, Jumat.

Enam emas yang ditargetkan tersebut, lanjut dia, naik 100 persen dari perolehan emas pada PON sebelumnya di Papua dengan raihan 3 emas dan 5 perak.

Ketiga emas tersebut diraih Abdul Hafiz dari lempar lembing putra dan Agustina Damanik dari nomor 1500 dan 800 meter putri.

"PON lalu kita dapat 3 emas dan dari catatan itu kita target di PON mendatang naik 100 persen atau 6 emas. Abdul Hafiz dan Agustina Damanik diharapkan dapat kembali menorehkan emas di PON mendatang," katanya.

Saat ini ada 36 atlet yang menjalani Pelatda persiapan menghadapi PON 2024 yakni M.Ridho Saragih, M.Syahputra, Chandra Kirana, Andika Syahputra, Abdul Hafiz, M.Syahrial bakti, Hardodi Sihombing, Syafaat Tarigan.

Kemudian Kahairuddin Syahputra, Baim Bagus Pratama Sirait, Pramoedya Sufallah, Shafwan Hafizh Nasution, Berman Siahaan, Ayyub Niti Raharja, Bunayya Zaki, Daniel Simanjuntak, Wisnu Nop Diantoro, Ariel Raynaldi Tarigan.

Selanjutnya Dwi Darmawan, Denzel Usman, Sigit Tri Arjuna, Nikmal Husein, Bagas Simanjuntak, Joshua Simanjuntak, Arwan Zebua, Shija barus, Nela Agustin, Pramoedyastri Sufallah, Sri Astuti, Rustika Sibagariang, Siska Simamora, Jelita Simanullang, Elvi Alvriani, Marini Aulia, Suryana Putra Aruan, Pretty Sihite.

Untuk mematangkan persiapan atlet, PASI Sumut juga menjalankan sejumlah program seperti pemusatan latihan di Siosar, Karo, yang memiliki ketinggian 2000 mdpl.

"Kita juga dipercaya sebagai tuan rumah kejurnas atletik pada yang rencananya digelar April mendatang. kejurnas itu akan kita jadikan sebagai ajang uji coba bagi atlet kita sekaligus untuk membaca peta kekuatan atlet dari daerah lain," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024