Bawaslu Kota Padangsidimpuan melaksanakan patroli pengawasan pada masa tenang Pemilu 2024 yang berlangsung pada 11-13 Februari 2024.

Untuk itu, Bawaslu wilayah tersebut pun mengadakan apel siaga di Alaman Bolak, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, Minggu.

Ketua Bawaslu Kota Padangsidimpuan Ratno Afandi mengatakan seluruh peserta petugas pengawas pemilu di seluruh Kota Padangsidimpuan, yang terdiri dari enam kecamatan, siap bekerja keras menyukseskan Pemilu 2024.

"Kami berkomitmen bersikap sangat netral dan menjaga keamanan, keamanan serta ketertiban guna menyukseskan Pemilu tahun 2024," ujar Ratno.

Dia melanjutkan, masa tenang merupakan periode yang sangat krusial dalam proses pelaksanaan pemilihan umum.

"Momentum ini memerlukan kewaspadaan ekstra dari setiap elemen masyarakat, termasuk kami sebagai pihak yang bergerak di pengawasan," tutur Ratno.

Dia menegaskan, tugas masyarakat bukanlah semata-mata memastikan kelancaran proses pemilihan, tetapi juga untuk menjaga situasi tetap kondusif dan menghindari potensi kerusuhan atau pelanggaran yang dapat mengganggu proses demokrasi.

Dalam menjalankan tugas pengawasan ini, Ratno menyebut pula bahwa Bawaslu Sumut mengedepankan sikap profesionalisme, netralitas dan keberanian dalam menghadapi setiap tantangan.

"Kami melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab, tanpa memihak kepada pihak mana pun demi terwujudnya pemilihan yang bersih, adil dan demokratis," kata dia.

Lanjut Ratno, melalui berbagai persiapan dan pelatihan, dan saatnya untuk mengaplikasikan semua pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki dalam situasi nyata.

Saya ingin mengingatkan kepada seluruh anggota patroli pengawasan untuk selalu menjaga koordinasi dan komunikasi yang baik antarsesama.

Setiap informasi yang diterima, baik itu dari masyarakat maupun pihak berwenang, harus segera direspons dengan cepat dan tepat.

Sementara itu, Pj Wali Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe melalui Asisten I Iswan Nagabe mengatakan diharapkan Panwascam dan PKD terus komunikasi dengan rekan rekan dan pihak kecamatan.

"Agar tugas berjalan dengan lancar tidak ada hambatan untuk keberhasilan pada pemilu 2024 tanggal 14 Febuari yang bermutu, berintegritas dan berkualitas," kata Letnan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024