Bertujuan agar pengelolaan keuangan transparan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan menyerahkan pihak Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk melakukan audit atas laporan keuangan tahun 2023.

Ketua Baznas Asahan, Ansari Margolang menyebutkan pemeriksaan keuangan yang dilakukan pihak akuntan publik merupakan inisiatif pihak Baznas Asahan. Dan ini merupakan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas penyusunan dan penyajian wajar laporan keuangan sesuai dengan pernyataan Standar Akuntansi Keuangan.

“ Pemeriksaan ini merupakan itikad baik kami, sehingga diharapkan dengan adanya audit independen tersebut bisa lebih baik lagi pengelolaan keuangan di Baznas Asahan,” demikian kata Ansari, Sabtu (10/02) di gedung Baznas setempat.

Ansari menyebutkan audit keuangan Baznas Asahan dilakukan dari KAP Drs selamat Sinuraya dan rekan. Dan direncanakan  pekan ini selesai diaudit, pasalnya tim auditor sudah melaksanakan tugasnya sekitar 4 hari lalu.

Tim telah melakukan pemeriksaan dari mulai berkas, asset sampai kelapang untuk mengecek penerima manfaat dari bantuan Baznas.  

Audit ini, kata Ansari memiliki output yang baik, agar tidak ada penyimpangan. Ini dapat membangun kepercayaan bagi masyarakat Kabupaten Asahan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat

“ Semoga hasil audit tetap baik. Tahun kemarin kita Baznas Asahan mendapatkan penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP),” ujarnya.

Sementara itu, tim auditor, Yusuf menjelaskan selama pemeriksaan pihaknya masih menjalankan tugas dengan lancar, belum ada menemukan hal-hal yang buruk. “ Kami akan ambil beberapa daerah untuk menjadi sampel pemeriksaan. Kita akan tanya langsung bantuan yang diterima masyarakat dari Baznas Asahan,” ungkapnya.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024