Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara yang berpotensi menyebabkan banjir.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha Manurung di Medan, Senin, mengatakan dalam beberapa hari ke depan sebagian wilayah Sumatera Utara masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, terutama di kawasan pantai barat dan lereng barat.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut juga berpotensi disertai petir dan angin kencang. Atas kondisi tersebut, masyarakat diingatkan untuk waspada, karena hujan lebat dapat menyebabkan banjir, longsor dan bencana hidrometeorologi lainnya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Sibolga, Humbang Hasundutan, Nias Selatan, Nias, dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi di wilayah Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Sibolga, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 17 hingga 34 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen, angin berhembus dari barat laut - timur laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024