Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu menyambut baik penyematan status tokoh nasional kepada Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution oleh para tokoh masyarakat Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel).

"Pasalnya, kita (Kabupaten Tapsel) khususnya butuh sosok yang bisa menghubungkan kebutuhan pemerintah daerah ke pusat," kata Dolly di sela penyematan Tokoh Nasional kepada menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Alaman Bolak Padangsidimpuan, Minggu.

Selain menyematkan tokoh nasional, sejumlah raja-raja luar Tabagsel juga memberikan gelar kehormatan adat kepada Bobby Afif Nasution dengan memberikan gelar "Sutan Porang Gunung Baringin Naposo".

Ribuan warga turut menyaksikan penyematan tokoh nasional dan pemberian gelar kehormatan adat itu kepada suami Kahiyang Ayu tersebut. Dalam kegiatan itu hadir pula tokoh-tokoh nasional asal Tabagsel seperti Gus Irawan Pasaribu, Harry Lontyng Siregar, Basith Dalimunthe, Rusydi Nasution dan Letna Dalimunthe.

Sebelum penyematan tokoh nasional dan pemberian gelar tersebut, acara ini terlebih dahulu diramaikan dengan lomba "senam gemoy" yang diikuti sekitar seribu warga yang di dominasi kaum hawa Tabagsel.

Atas pemberian status tokoh nasional Tabagsel dan pemberian gelar kehormatan adat Tabagsel kepada dirinya, Bobby Nasution pun mengucapkan terima kasih.

"Saya dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat termasuk para tokoh dan raja-raja luat Tabagsel yang telah menyematkan tokoh nasional kepada saya demikian dengan gelar kehormatan adat," tutur Bobby.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024