Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Agustinus menyebut mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang diselenggarakan pemerintah setempat diikuti sebanyak 1.020 pemudik.

"Kami memberangkatkan 1.020 pemudik dalam program mudik gratis Natal dan tahun baru," ujar Agustinus usai melepas peserta mudik gratis tersebut di Medan, Sabtu.

Ia menjelaskan seluruh pemudik diberangkatkan dengan menggunakan 30 unit bus dari Terminal Amplas, Kota Medan.

"Mudik gratis ini diselenggarakan untuk empat rute, yakni Medan-Tarutung-Sibolga, Medan-Kabanjahe-Pangururan, Medan-Kabanjahe-Sidikalang-Salak, serta Medan-Kisaran-Rantauparapat," katanya.

Agustinus menuturkan jumlah pemudik yang diberangkatkan sebanyak 80 persen dari kuota yang ditetapkan sebelumnya 1.200 orang.

"Data yang kita verifikasi itu 1.200 orang yang mendaftar mudik gratis ini. Namun, pada hari H yang berangkat cuma 1.020 pemudik," katanya.

Menurut dia masyarakat banyak yang membatalkan keberangkatan karena berbagai alasan. "Sangat disayangkan, padahal banyak yang lain mau ikut mudik gratis ini," sebutnya.

Agustinus mengatakan program mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Sumut melalui Dishub Sumut bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang akan merayakan Natal dan tahun baru.

"Mengurangi tingkat penggunaan sepeda motor khususnya pada masa mudik serta memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023