Sebanyak 160 anak yatim di Kabupaten Padang Lawas ( Palas) menerima bantuan sosial  uang tunai sebesar Rp1.200.000, dari Kementerian Sosial.

Jumlah penerima bantuan itu disebutkan Kepala Dinas Sosial Palas H. Achmad Fauzan Nasution saat melaksanakan kegiatan monitoring penyaluran bantuan sosial berupa uang tunai tersebut, di kantor POS, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Senin (18/12) sore.

Para anak yatim penerima bantuan itu, sambungnya, berasal dari wilayah kecamatan Eks Barumun ( Kecamatan Barumun, Kecamatan Lubuk Barumun, Kecamatan Barumun Selatan, Kecamatan Ulu Barumun) dan kecamatan Eks Sosa ( Kecamatan Sosa, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kecamatan Hutaraja Tinggi dan Kecamatan Sosa Timur).

"Bersyukurlah adik - adik kami semua penerima manfaat, karena dari lima ribuan data anak yatim se - Palas yang kami usulkan beberapa waktu lalu, berhasil disetujui hanya sekitar 160 orang,"tutur H. Achmad Fauzan mewakili Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Terkait bantuan uang tunai itu, lanjut H. Achmad Fauzan menerangkan bahwa bantuan tersebut adalah sebagai bukti hadirnya negara dalam hal memperhatikan warga kurang mampu termasuk bagi para anak yatim di Kabupten Padang Lawas.

Untuk itu, ia menyarankan kepada seluruh penerima, supaya memanfaat bantuan uang tunai itu dengan baik, termasuk untuk keperluan sekolah masing - masing. Agar nantinya bantuan uang tunai bantua negara itu, dapat betul - betul bermanfaat bagi seluruh penerima.

"Jangan menyerah dengan keadaan, tetaplah sekolah, karena tidak mustahil orang susah dapat menjadi orang besar dan sukses, seperti halnya nabi Muhammad SAW sebagai panutan bagi kita semua ummat muslim,"kata H. Achmad Fauzan memotivasi para anak anak yatim penerima bantuan itu.

Sebelumnya, Achmad Fauzan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan panyaluran bantun sosial itu. Termasuk kepada pimpinan dan para pegawai Kantor POS Sibuhuan, yang menurutnya, telah memberikan pelayanan baik bagi para anak yatim penerima bantuan itu.

Di kesempatan yang sama, Kasi Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Palas Nurjamilah Pohan S.Psi menerangkan untuk para anak yatim penerima bantuan wilayah eks Sosa, bantuan itu akan di salurkan oleh pihak Kantor POS Sosa bagi masing - masing penerima. Jumlah bantuan sebesar Rp 1.200.000 itu, katanya, terhitung dari bulan Juli lalu, hinga pada bulan Desember 2023 saat ini. Dengan rincian sebesar Rp 200.000,- per bulan, bagi masing - masing penerima.

Turut mendampingi Kadis Sosial Palas H. Achmad Fauzan Nasution, di kegiatan monitoring bantuan sosial itu, Kabid Rehabilitasi Sosial Munawar Nasution, MH dan Kabid Pemberdayaan Sosial Parlindungan Hasibuan S.Sos
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023