Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, memperkuat fungsi ketenteraman dan ketertiban (trantib) di kecamatan dan kelurahan se-Kota Medan menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Ini bertujuan menjaga trantibumlinmas (ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat) di Kota Medan," ungkap Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan Ferri Ichsan usai rapat kesiapan menjaga trantibumlinmas di Medan, Jumat.

Menurut dia, jabatan kepala seksi (kasi) trantib, baik di kecamatan maupun kelurahan se-Kota Medan seharusnya menjadi mata dan telinga Pemkot Medan.

Sebab, ada sebanyak 172 orang kasi trantib yang memiliki tanggung jawab mendeteksi dini, dan mencegah hal-hal yang dapat mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum.

"Sebagai kepala seksi yang menjabat fungsi trantib harus mengetahui tugas pokoknya, karena suatu kota dikatakan baik apabila kota itu dalam kondisi aman, tertib dan nyaman bagi masyarakat," kata dia.

Pihaknya menyebut di tengah pembangunan infrastruktur kota yang secara masif terus dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution, maka peran kasi trantib sangat penting.

Terutama menyosialisasikan pembangunan yang tengah dilakukan di wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Utara agar masyarakat secara luas mengetahuinya.

"Jangan kita biarkan masyarakat bertanya-tanya dan tidak merasakan kehadiran pemerintah," tegasnya.

Pemkot Medan menginginkan melalui rapat koordinasi ini fungsi dan peran kasi trantib kecamatan dan kelurahan se-Kota Medan dapat semakin ditingkatkan lagi, papar Ferri.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Medan Rakhmat Adi Syahputra Harahap mengatakan setiap permasalahan di suatu wilayah harus terdeteksi, sehingga bisa dicegah sedini mungkin.

Pihaknya menyebut peran dari kasi trantib diperlukan agar cepat dalam melakukan koordinasi dengan perangkat daerah lainnya di lingkungan Pemkot Medan.

"Kita ingin terjalin kolaborasi yang intens antara kasi trantib, kepala lingkungan dan petugas perangkat daerah, sehingga jika terjadi suatu kejadian dapat segera diatasi bersama," ucap Rakhmat.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023