Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematang Siantar secara berkala melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap senjata pengamanan personel mengantisipasi kerusakan atau kegagalan fungsi.

Kepala Lapas Kelas IIA Pematang Siantar, M Pithra Jaya Saragih, Jumat (15/12), mengatakan, perawatan itu untuk menjaga agar kondisi senjata tetap baik serta optimal. 

Selain itu, bermanfaat bagi jajaran Lapas Pematang Siantar terkait ilmu terapan yang krusial dan penggunaan senjata api yang baik.

Disebutkan, senjata pengamanan personel itu senjata genggam jenis pistol P-3A dan senjata api bahu jenis Shotgun 12 Gauge.

Dijelaskan, kondisi aman dan tertib di Lapas dan Rumah Tahanan merupakan salah satu faktor utama dalam menunjang keberhasilan program pembinaan. 

Dalam mewujudkan kondisi aman dan tertib diperlukan sistem keamanan yang baik dengan menekankan terhadap sarana dan prasarana keamanan, di antaranya senjata api.

Senjata api merupakan salah satu alat pendukung pelaksanaan tugas pengamanan di Lapas dan Rutan yang sifat dan perlakuannya sangat khusus, sehingga perlu adanya perawatan dan pemeliharaan yang teratur.

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023