Pemkot Medan mengajak masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam beraktivitas sehari-hari guna mencegah terpapar bakteri penyebab pneumonia.

Wali Kota Medan Bobby Nasution di Medan, Kamis, mengatakan, Pemkot Medan melalui Dinas Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran terkait imbauan kepada masyarakat agar menerapkan prokes dengan baik demi terhindar dari pneumonia.

Mengingat pneumonia tersebut sangat mudah penyebarannya dan bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia, masyarakat juga diharapkan dapat menjaga kesehatan dengan menjaga lingkungan tetap bersih dan menggunakan masker jika berada di tempat umum.

"Kita sudah pernah sama-sama merasakan COVID-19. Mari sama-sama kita berusaha jangan sampai terpapar pneumonia, apalagi penyebarannya sangat mudah," katanya.

Sebelumnya Pj Gubernur Sumut Hassanudin juga meminta masyarakat waspada menyikapi wabah penyakit tersebut sehingga segala dampak penularan dapat dicegah sejak dini.

"Kita memang punya pengalaman panjang dalam penanganan COVID-19. Kalau kita lihat perkembangan data ini punya spesifikasi khusus kasusnya. Untuk itu, sikap yang paling bagus adalah kewaspadaan kita," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan pengawasan dan pemantauan ketat terhadap perkembangan di 33 kabupaten/kota di Sumut.

"Segala dalam pencegahan akan dilakukan bersama pemangku kebijakan terkait, termasuk pengawasan dan pemantauan di bandara. Nanti, tolong sampaikan imbauan ini sangat bagus sekali untuk kewaspadaan kita semua," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023