Polres Serdang Bedagai (Sergai) mengajak aparatur pemerintah desa mengaktifkan kembali satuan keamanan lingkungan (Satkamling) di wilayah masing-masing.

"Menjelang natal dan tahun baru sekaligus pemilu 2024, potensi tindak kejahatan tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi. Karenanya, Satkamling perlu digalakkan," ujar Wakapolres Sergai Kompol Damos C Aritonang, Kamis (14/12).

Peryataan itu disampaikan Kompol Damos C Aritonang pada acara forum group discussion (FGD) dalam rangka revitalisasi Satkamling sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilkum Polres Sergai.

Damos mengatakan, situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan harapan seluruh masyarakat untuk dapat menimbulkan rasa tentram dan damai. Namun, keamanan dan ketertiban tidak akan terwujud bila warga tidak ikut serta menjaganya.

"Menjaga situasi Kamtibmas bukan hanya tugas Polri maupun TNI. Masyarakat juga memiliki peran dalam menjaganya. Salah satu cara dengan mengaktifkan Satkamling di wilayah masing-masing," ujarnya.

Damos menyebutkan bahwa berdasarkan data dari Satbinmas Polres Sergai, jumlah Satkamling yang aktif saat ini sebanyak 8, dan yang tidak aktif 359.

"Kita lihat pos Satkamling yang tidak aktif cukup banyak. Padahal, Polres Sergai telah berusaha semaksimal mungkin bagaimana supaya masyarakat mau berperan dalam menciptakan dan menjaga keamanan lingkungan. Namun, selalu menghadapi jalan buntu," sebutnya.

Untuk itu, kata Damos dalam pelaksanaan FGD yang dihadiri camat serta kepala desa/lurah se-Kabupaten Sergai dapat mencari solusi dalam membangkitkan kembali pengamanan di setiap lingkungan masyarakat.

"Mari kita sama-sama menjaga situasi Katimbmas. Jika mengetahui adanya tindakan kriminal silahkan melaporkan lewat call center Polres Sergai di nomor 110," tuturnya.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023