Sebanyak 500 pelajar Sekolah Dasar (SD) yang berasal dari sejumlah sekolah menerima makan tambahan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan.

Pemberian Makan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) ini merupakan, kegiatan pemberian makanan kepada peserta didik SD dalam bentuk kudapan yang aman dan bergizi, dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan karena gizi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan tumbuh kembangnya anak secara optimal. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan H. Ali Mughofar menjelaskan tujuan dari kegiatan adalah untuk memperbaiki asupan gizi, memperbaiki ketahanan fisik, meningkatkan kehadiran dan minat belajar.

Kemudian untuk meningkatkan kesukaan akan makanan daerah yang bergizi Aamian, memperbaiki perilaku bersih dan sehat, termasuk kebiasaan makan yang sehat, meningkatkan partisipasi masyarakat, menambah pendapatan. 

" Paket makanan tambahan yang diberikan kepada pelajar terdiri dari makanan lengkap. Seperti, Nasi, Lauk, Sayur dan Buah,  Naget Ayam Brokoli, Susu, Jus Buah, Bubur Kacang Hijau dan Telur Ayam Rebus sebanyak 500 paket," ucapnya, Kamis (14/12) di sekolah SDN 010086 Selawan.

Sementara itu, mewakili Bupati Asahan, Staf Ahli Elfina br Tarigan mengatakan gizi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan tumbuh kembang anak yang optimal, gizi yang cukup dan seimbang sangat diperlukan dalam periode emas untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Kekurangan gizi yang terjadi pada periode emas tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah masalah gagal tumbuh sehingga anak menjadi (Stunting)," ungkapnya.

Elfina menghimbau, kepada seluruh guru untuk tidak bosan memberikan pengetahuan tentang pentingnya gizi bagi tumbuh kembang anak-anak dan untuk semua anak-anak diminta gemarlah makan ikan, sayur, dan buah serta tidak makan jajanan pasar, karena jajanan pasar belum tentu sehat.

" Bawalah bekal dari rumah yang terjamin kesehatannya, agar anak-anak menjadi anak-anak sehat dan kuat, yang bertujuan agar siswa-siswi ke depannya memiliki kompetensi dalam kegiatan belajar demi masa depan yang cerah untuk memajukan Kabupaten Asahan," ucapnya.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023