Perum Bulog Kantor Wilayah Sumatera Utara menyediakan tepung terigu untuk dapat dijual di pasar murah atau gerakan pangan murah selama masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Biasanya di pasar murah dijual dalam bentuk paket yang misalnya juga berisi beras, gula dan minyak goreng," ujar Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu di Medan, Selasa.

Arif melanjutkan, Bulog Sumut mengalokasikan tepung terigu tersebut selama masih memiliki stok di gudang.

Sampai 24 November 2023, Bulog Sumut memiliki sekitar 37,96 ton tepung terigu di gudang.

Namun, Arif menambahkan, tepung terigu Bulog belum terlalu diminati di pasar-pasar murah periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Yang lebih banyak itu ketika masa Lebaran lalu, bisa terjual 1.000 sampai sekitar 5.000 paket," tutur dia.


Bulog Sumut memandang, ada beberapa komoditas yang dianggap penting untuk masa Natal dan Tahun Baru misalnya telur ayam, beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu.

Telur dan tepung terigu, misalnya, diprediksi tinggi permintaannya lantaran dimanfaatkan masyarakat Sumut untuk membuat kue atau roti Natal atau Tahun Baru.

Pasar murah menjadi salah satu bentuk strategi pemangku kepentingan di Sumatera Utara untuk mengendalikan harga beras dan komoditas pangan lain supaya tidak terjadi lonjakan inflasi pada masa libur akhir tahun 2023.

Dengan cara itu, Pemerintah Provinsi Sumut berharap bisa mencegah kelangkaan pasokan bahan pangan yang berpotensi melambungkan harga.

Perum Bulog Sumut menegaskan siap memasok komoditas pangan yang diperlukan untuk pasar murah tersebut.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023