Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Sumatera Utara menggelar pasar murah dalam menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kabupaten Toba, Sumut.
 
"Hari ini terakhir kita adakan pasar murah di Toba agar masyarakat yang melaksanakan HBKN (hari besar keagamaan nasional) bisa terbantu," ucap Kepala Disperindag ESDM Sumatera Utara Mulyadi Simatupang di Medan, Senin.
 
Selain itu, ungkap dia, pihaknya secara rutin juga menggelar pasar murah setiap akhir pekan di halaman kantor Disperindag ESDM Sumatera Utara, Jalan Putri Hijau, Medan.
 
Melalui pasar murah ini berbagai komoditi bahan pokok disediakan di bawah harga pasaran, seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam dan lain sebagainya dengan menunjukkan KTP dan uang tunai.
 
Seperti beras kemasan 5 kilogram/kg seharga Rp53.000, minyak goreng 1 liter dengan harga Rp13.000, gula pasir 1 kg seharga Rp12.000, dan telur ayam ras 1 papan dengan harga Rp44.000.
 
 
"Jadi dinas setempat sudah mengabarkan masyarakat bahwa hari ini, di kecamatan ini, dan di desa atau kelurahan ini dilaksanakan pasar murah," ungkap Mulyadi didampingi Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag ESDM Sumut Sujatmiko.
 
Pihaknya juga menyebutkan pelaksanaan hari besar keagamaan nasional yang telah digelar sepanjang tahun ini sebanyak 59 tempat pada 20 kabupaten/kota di Sumatera Utara.
 
Mulyadi mengatakan bahwa pasar murah ini merupakan salah satu langkah kongkrit dalam upaya menstabilkan harga kebutuhan pokok masyarakat, terutama menjelang HKBN.
 
"Belum semua terjangkau oleh kita, karena keterbatasan anggaran. Untuk itu, tahun depan anggaran pasar murah bisa ditambah, supaya menjangkau lebih lagi kabupaten/kota yang sudah ada saat ini," paparnya.
 
Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu mengaku pihaknya fokus memenuhi pengadaan beragam komoditi pangan untuk kebutuhan periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
Arif melanjutkan, ada beberapa komoditas yang dianggap penting untuk masa Natal dan tahun baru, seperti beras, telur ayam, gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu.
 
"Untuk beras, Bulog Sumut memiliki stok cadangan beras pemerintah sekitar 30 ribu ton. Telur sampai 24 November 2023 baru 8,8 ton atau 76 persen dari target Januari-Desember 2023 yakni 24,3 ton," kata dia.

 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023