Hari ke-5 pasca bencana banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe Kecamatan, Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kapolres Humbahas AKBP Hary Adrianto meninjau warga di posko pengungsian di Kantor Camat Baktiraja.

Kunjungan pada Selasa (5/12) sore dilakukan, kata AKBP Hary Adrianto untuk memastikan pengungsi dalam kondisi aman, stok logistik tercukupi dan kesehatan masyarakat terdampak dalam keadaan stabil.

"Keseluruhan 222 jiwa pengungsi, kita mengecek kondisi mereka. Yang menempati posko sekitar 80 orang, selebihnya menyebar ke rumah warga sekitar tidak terdampak bencana yang memiliki hubungan kekeluargaan," kata Hary.


Begitu juga dengan ketersediaan logistik, lanjut dia masih dalam kondisi aman hingga 2 minggu ke depan. "Stok pangan dilihat tadi masih cukup, bantuan-bantuan untuk kenyamanan seperti selimut juga cukup," ucap Hary.

Langkah-langkah humaniter pihaknya terhadap proses percepatan penanganan memastikan kesehatan dan keamanan pengungsi, AKBP Hary Adrianto menyampaikan 7 posko yang sudah berdiri bekerjasama dengan pemerintah setempat, berfungsi dengan baik. 

"Dibantu beberapa dokter dari Polri dan pemerintah serta ahli psikolog, kondisi kesehatan para pengungsi kita cek dalam keadaan stabil," jelas Hary.

Selain kondisi pengungsian AKBP Hary Adrianto juga sempat meninjau fasilitas dapur umum yang berada disamping posko, melihat para petugas sedang memasak kebutuhan makan/minum para pengungsi.

"Kita ingin memastikan semua berjalan baik. Masyarakat pengungsi menerima segala kebutuhan yang mereka perlukan juga dengan layak," sebut AKBP Hary Adrianto mengakhiri.
 

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023