Keceriaan dan rasa gembira  mewarnai  hari disabilitas Internasional yang diperingati puluhan pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB) Santan Aceh Besar.

Ragam atraksi yang ditampilkan pelajar disabilitas memukau puluhan  undangan dari perwakilan pemerintah, pengurus Yayasan Pwnyandang Anak Cacat (YPAC) dan para orang tua yang memadati ruang salah satu hotel berbintang di Kota Banda Aceh pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Peringatan hari disabilitas Internasional tersebut mengangkat tema "Transformasi peserta didik menjadi lebih terampil/ mandiri dan berkarakter".

Kepala cabang Dinas Pendidikan Banda Aceh dan Aceh Besar Sarwan Joni mengapresiasi siswa-siswi  khususnya SLB CD YPAC yang telah menyelenggarakan hari disabilitas internasional tahun 2023.

Ia mengajak semua setekholder dan orang tua untuk terus memberikan dukungan dan perhatian khusus kepada anak- anak disabilitas untuk membuka diri untuk menitipkan anak-anaknya di sekolah berkubutuhan khusus dan memberikan pendidikan formal yang telah disediakan oleh Pemerintah baik disekolah swasta maupun negeri.

Sementara itu GM SLB CD YPAC Said Arabi, mengatakan peringatan hari disabilitas internasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran  masyarakat tentang disabilitas menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas dan terus memberikan sekongan dan meningkatkan kemandirian kesamaan hak disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Kepala sekolah SLB CD YPAC Banda Aceh Irma Gemini BR Sembiring, mengatakan pihaknya mengajarkan siswa-siswa di yayasan tersebut yang mempunyai hambatan intelektual, hambatan bina dan gerak, dan hambatan prilaku dan emosi.

"Kami selalu menanamkan lebih awal kemandirian dari proses pembelajaran anak-anak ini untuk mencapai kemandiriannya", katanya.

Irma juga mengajak kerja sama antara orang tua dan sekolah agar apa yang harapkan bisa tercapai untuk siswa-siswa tersebut.

Sementara Ketua Komite SLB Nurleli mengatakan terimakasih kepada semua pihak, khususnya para sponsor yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan peringatan hari Disabilitas Internasional 2023.

Terimakasih kami kepada pemerintah, PT Solusi Bangun Andalas, PT Bank Aceh Syariah, PT Medco Energy dan pihak-pihak lain yang telah membantu kalancaran kegiatan hari disabilitas internasional.
Keceriaan pelajar SLB Santan warnai hari disabilitas Internasional (ANTARA (ANTARA/HO)

Pewarta: Azhari

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023