Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan Festival Olahraga Disabilitas yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dapat melahirkan bibit baru olahragawan penyandang disabilitas di wilayah ini.

"Saya mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan Festival Olahraga Disabilitas. Ajang ini diharapkan dapat melahirkan bibit baru olahragawan disabilitas di Sumut," ujar Hassanudin saat menghadiri festival tersebut, di Medan, Jumat.

Hassanudin mengatakan festival yang diikuti sekitar 400 siswa berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sumut ini juga memberikan peluang kesetaraan bagi penyadang disabilitas.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada anak-anak penyandang disabilitas pada bidang olahraga," kata Hasaanudin.

Menurutnya, prestasi atlet disabilitas di wilayah ini memiliki kemampuan karena menempatkan Sumut sebagai tiga besar nasional penyumbang medali di Asian Games Hangzhou.

"Untuk itu, festival ini sebagai ajang talent scouting untuk mencari bibit atlet Sumut di masa yang akan datang," sebutnya.
 


Festival Olahraga Disabilitas yang dibuka oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Komjen Pol ( Purn) Rudy Sufahriadi ini menggelar sejumlah cabang olahraga seperti Boccia, Tenis Meja, Bulutangkis, Tolak Peluru dan Balap Kursi Roda Atletik.

"Festival olahraga disabilitas ini memiliki potensi besar untuk menjadi pendorong prestasi olahraga di tanah air. Kami berharap melalui kegiatan ini, semakin banyak penyandang disabilitas yang meraih prestasi gemilang dalam dunia olahraga," ujar Hassanudin.

Sementara itu, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Komjen Pol ( Purn) Rudy Sufahriadi mengatakan festival ini sebagai upaya mempertegas komitmen untuk memberikan peluang kesetaraan kepada penyandang disabilitas di dunia olahraga.

"Dengan festival ini, kami berharap dapat melahirkan atlet-atlet muda berbakat yang akan memberikan prestasi membanggakan bagi kita semua nantinya," ujar Rudy Sufahriadi.

Dalam festival olahraga itu, Rudy Sufahriadi mengapresiasi atlet penyadang disbilitas Sumut yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

"Kegiatan yang diselenggarkan di gelanggang olahraga Sumut ini dimeriahan berbagai pertunjukkan musik dan tarian daerah oleh para peserta. Saya mengapresiasi Sumut," kata Rudy Sufahriadi.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023