Wali Kota Medan Bobby Nasution berharap dapat membangkitkan pariwisata lewat pengembangan wisata kuliner dari berbagai etnis di Kota Medan, Sumatera Utara.

"Sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan tidak memiliki pariwisata alam maupun laut seperti daerah lainnya di Sumut," kata Bobby saat membuka Festival Kuliner Medan 2023 di Lapangan Benteng Medan, Selasa (28/11).

Oleh karenanya, lanjut dia, Pemerintah Kota Medan menghadirkan beragam kuliner yang berasal dari berbagai etnis dengan cita rasa khas Kota Medan.

Hal ini untuk menarik perhatian pengunjung, di antaranya ke Festival Kuliner Medan 2023 di Lapangan Benteng yang berlangsung selama enam hari pada 28 November hingga 3 Desember mendatang.

"Ini merupakan ajang yang luar biasa karena bukan hanya kuliner saja, tapi juga ada hiburan. Apalagi penutupan di hari Minggu nanti akan tampil artis ibukota King Nassar menghibur seluruh warga Kota Medan," ungkapnya.
 
Festival Kuliner Medan 2023 di Lapangan Benteng Medan, Selasa (28/11/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

 

Wali kota selanjutnya mengapresiasi atas partisipasi seluruh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta masyarakat Kota Medan yang telah berpartisipasi dalam ajang tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pelaku UMKM sebagai pejuang ekonomi Kota Medan. Saatnya kita bangkit dan tunjukkan kuliner bisa membawa kota ini dengan ekonomi yang kuat melalui kulinernya," tegas Bobby.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Yudha P Setiawan menyampaikan, bahwa Kota Medan merupakan kota multikultural terkenal aneka ragam kulinernya dari berbagai etnis yang kaya akan bumbu masakan khas.

Pihaknya menjelaskan festival kuliner ini diikuti sebanyak 120 stan dan tujuh food truck, di antaranya stan nusantara, stan western, stan Asian, stan special design, stan local dan stan exhibition.

"Festival kuliner ini sudah empat kali digelar di dan menjadi salah satu nominasi Kharisma Event Nusantara 2024 Kemenparekraf RI. Kita berharap festival ini dapat menambah minat wisatawan, baik nusantara dan mancanegara berwisata ke Kota Medan," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023