Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan kesuksesan Aquabike Jetski World Championship 2023 yang digelar di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba akan membuat Danau Toba semakin mendunia

"Ajang Aquabike Jetski World Championship bakal mengukir prestasi dan sejarah baru, dengan demikian kawasan destinasi pariwisata Danau Toba akan semakin mendunia,” ujar Hassanudin di Medan, Kamis.

Hassanudin menuturkan Danau Toba yang merupakan destinasi pariwisata super prioritas ini, berpotensi semakin dikenal wisatawan mancanegara, karena kejuaraan jetski dunia ini diperkirakan dihadiri 100.000 penonton.

"Kejuaraan internasional ini diprediksikan akan ada 100.000 penonton ditambah pembalap beserta ofisialnya," katanya.

Selain itu, kejuaraan balap air internasional itu juga akan meningkatkan perekonomian Sumut khususnya masyarakat lokal yang berada di kawasan Danau Toba.

"Acara ajang internasional ini sangat bagus karena menambah pendapatan daerah khususnya UMKM," katanya.

Sementara itu, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menuturkan, pelaksanaan ajang Kejuaraan Dunia Jetski yang digelar di wilayahnya menjadi motivasi untuk terus konsisten menggelar kegiatan berkonsep sport tourism di wilayahnya.

Menurut Eddy, Kabupaten Dairi tak hanya mampu menggelar ajang olahraga akuatik seperti lomba jetski di Danau Toba, namun juga menawarkan aktivitas menarik lainnya yang didukung kondisi geografis yang indah.

"Kami akan beri fokus juga pada sport tourism di Kabupaten Dairi. Kami juga punya hiking, sepeda, lari, climbing, dan sebagainya. Saya pikir ini (Aquabike) adalah pintu masuk bagi wisatawan untuk melihat hal luar biasa dari Dairi, dengan menikmati alam sambil berolahraga," ujar Eddy.

Aquabike Jetski World Championship 2023 digelar di kawasan Danau Toba, tepatnya di empat kabupaten yakni Toba, Karo, Dairi dan Samosir.

Kejuaraan tersebut diikuti 118 pembalap dari 22 negara, termasuk lima orang dari Indonesia, dan melibatkan 200 ofisial.

Kejuaraan dunia jetski itu juga diiringi dengan berbagai kegiatan pendukung dari setiap kabupaten yang terlibat misalnya di Samosir berlangsung kompetisi Solu Bolon dengan hadiah total Rp250 juta, di Toba dilaksanakan Pesta Rakyat, di Karo ada pergelaran seni serta penampilan grup musik dan di Dairi terdapat pertunjukan hiburan termasuk mengundang artis dari Jakarta.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pj Gubernur: Kesuksesan Aquabike 2023 buat Danau Toba semakin mendunia

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023