Calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju Gibran Rakabuming Raka 'diupah-upah' oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al Kautsar Al Akbar Syech Ali Akbar Marbun di Medan, Ahad.

Selain sejumlah ulama, ustaz, ribuan santri, dan santriwati, "upah-upah" yang merupakan bagian tradisi Suku Batak di Sumatera Utara dihadiri Ketua Barisan Pengusaha Pejuang Bobby Nasution.

Ada juga Komandan Teritorial Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Ketua DPD Partai Gerindra Sumut Gus Irawan Pasaribu, Ketua Partai Golkar Sumut Musa Rajekshah, Ketua Umum DPP Nusantara untuk Joko Widodo RE Nainggolan dan tokoh masyarakat.

Pasangan calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto ini duduk lesehan di sebelah kanan Syeh Ali Akbar Marbun, dan kiri Bobby Nasution yang juga menjabat Wali Kota Medan.

Syeh Ali melakukan 'upah-upah' terhadap Gibran dengan menyuapi pisang goreng dan ikan mas arsik atau masakan dari daging yang dibumbui sambal, asam potong, dan direbus hingga kuahnya kering.

Setelah itu, Mas Gibran panggilan akrabnya menyulangi makanan kepada iparnya Bobby Nasution, kemudian sejumlah ulama, tokoh masyarakat, dan para pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju Sumatera Utara.

Pengasuh Pesantren Al Kautsar Al Akbar juga memasangkan ulos dan memberikan tongkat kepada putra sulung Presiden Joko Widodo ini sebagai simbol kepemimpinan.

"Mudah-mudahan menjadi pemimpin, dan kita doakan tercapai cita-citanya. Kalau saya hanya bisa mendoakan, dan kita sokong yang muda-muda ini karena semangatnya untuk memimpin negeri ini," ucap Syech Ali.

 


Selain ribuan santri dan santriwati Pesantren Al Kautsar Al Akbar di Kota Medan ini, acara upah-upah tersebut juga dihadiri perwakilan sejumlah pondaok pesantren di Sumatera Utara.

Perwakilan Pondok Pesantren Mustawiyah Purba Baru, Pesantren Darul Hikmah, Pesantren Darul Arafah Raya, Pesantren Darul Ilmi Murni, Pesantren Tuan Syeh Baringin dan Pesantren Al Habib Langkat.

Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi sejumlah pengurus pondok pesantren di Sumatera Utara karena sudah diterima dengan baik di pondok Pesantren Al Kautsar Al Akbar.

"Terima kasih sekali untuk doanya. Kami doakan buya sehat selalu, panjang umur, sehingga bisa pengarahan dan bimbingan bagi kami yang masih muda-muda ini. Kami izin untuk melanjutkan kegiatan di Jakarta," ungkap Gibran.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023