Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar mengumpulkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sisibatas Labuhan di Hotel Adimulia, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (15/11). 

Dalam kegiatan capacity building ini, TPID di delapan kabupaten/kota wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Pematang Siantar menyampaikan permasalahan, program dan aksi sebagai upaya menjaga kestabilan pasokan dan harga komoditas. 

Pada umumnya pemerintah kabupaten/kota menghadapi permasalahan yang sama, begitu juga penanganan yang dilakukan untuk mengendalikan inflasi. 
 
Namun disebut upaya tersebut hanya bersifat sementara, karena kelangkaan dan kenaikan harga tetap terjadi sewaktu-waktu. 

Makanya, Pemerintah Pusat diharapkan membuat keputusan besar terkait keseimbangan pasokan dan harga secara global, sehingga menjadi acuan pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi. 

Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar Muqorobin menyampaikan apresiasi kepada TPID di wilayah kerja yang dinilai aktif dan telah maksimal melakukan upaya pengendalian inflasi. 

Hanya saja disarankan untuk meningkatkan kualitas kemampuan diri dalam berdiskusi antar daerah dan mengidentifikasi inflasi di masing-masing daerah. 
 

BI Pematang Siantar ujar Muqorobin, akan bersafari ke daerah-daerah untuk melihat keunggulan komparatif dan kelemahan masing-masing daerah. 

Capacity Building TPID wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Pematang Siantar dirangkai dengan sesi diskusi dengan Badan Pangan Nasional secara virtual. 

Untuk diketahui, wilayah kerja Kantor Perwakilan yakni Pematang Siantar, Simalungun, Batubara, Tanjung Balai, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, dan Labuhan Batu Selatan disebut Sisibatas Labuhan. 

Capacity building dihadiri Koordinator Kelompok Substansi Stabilisasi Pasokan Uang Badan Pangan Nasional Yudhi Harsatriadi Sandyatma, dari Kemenko Perekonomian RI Lavenda Maharani. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun Esron Sinaga, Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Heri Wahyudi, Sekretaris Daerah Tanjung Balai Nurmalini Marpaung, Pejabat Sekretaris Daerah Pematang Siantar Mulyono. 

Asisten II Labuhan Batu Ikramsyah Nasution, Asisten II Labuhan Batu Utara Muhammad Asril, Asisten II Asahan Oktoni Ariyanto II, Asisten II Batubara Radyansyah Fitrianda Lubis. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023