Hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara pada Jumat (10/11) sore dan malam hari.

"Kondisi tersebut harus diwaspadai karena berpotensi dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan Lestari Irene Purba, Kamis.

Ia menyebutkan secara umum cuaca di Sumatera Utara pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Sibolga, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Batubara, Asahan dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Tapanuli Tengah, Sibolga, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Mandailing Natal dan sekitarnya.
 


 

Malam hari juga berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Langkat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Simalungun, Pematang Siantar, Toba, Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Padang Lawas, Kepulauan Nias, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Serta pada dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah di Deli Serdang, Batubara, Asahan, Simalungun, Pematang Siantar, Samosir, Karo, Dairi, Asahan dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 17 – 33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Barat Daya - Barat Laut, 10 – 30 km/jam.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023