Atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara peraih medali di Asian Para Games 2022 di Hangzhou, China, layak dapat reward dari pemerintah daerah, mengingat prestasi yang mereka ukir telah mengharumkan nama daerah bahkan Indonesia. 

Hal itu ia sampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumatera Utara Baharuddin Siagian saat menyambut kepulangan atlet dan pelatih NPC Sumut di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Senin.

Baharuddin Siagian sangat mengapresiasi dan bangga atas prestasi yang diraih atlet NPC Sumut di Asian Para Games 2022 Hangzhou dengan meraih 8 medali emas, 5 perak, dan 4 perunggu bagi kontingen Indonesia. 

Bahkan, Sumut menjadi peringkat ketiga penyumbang medali terbanyak bagi kontingen Indonesia setelah Jawa Tengah dan Jawa Barat. 
"Kami tentu sangat mengapresiasi prestasi atlet NPC Sumut yang dengan keterbatasannya justru mampu meraih prestasi di tingkat Asia. Namun, jangan berhenti sampai di sini saja, karena kita sekarang menatap diri untuk persiapan Peparnas 2024," kata Baharuddin. 

"Dari 9 atlet dan 1 pelatih yang kita kirim untuk perkuat Indonesia total bisa merebut 8 emas. Semua emas melalui cabor catur. Tentu, ini harus kita apresiasi dan pemerintah tetap berkomitmen akan terus peduli dengan atlet - atlet disabilitas yang membanggakan ini. Termasuk dukungan anggaran pembinaan kita akan terus dukung," tambahnya.

Sementara Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting mengucap terima kasih kepada atlet yang telah memberikan prestasi membanggakan. Apalagi, raihan tahun ini ada peningkatan dibanding APG 2018 yang kala itu hanya menyumbangkan 6 emas. Sejak awal pihaknya hanya mematok target 1 emas dan justru melampaui hingga 8 emas. 

"Selama ini perhatian pemerintah provinsi dan gubernur serta Kadispora sangat luar biasa. Semua event dan pembinaan kita selalu didukung. Hal itu kita buktikan dengan prestasi yang selama ini kita torehkan baik di level nasional maupun internasional. Semoga dukungan ini tetap ada di tahun 2024, apalagi persiapan atlet di Peparnas butuh dukungan penuh," kata Alan. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023