Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara memberikan apresiasi kepada Rady Shah, petembak muda kebanggaan Indonesia asal Sumatera Utara yang tampil sebagai juara pada Kejuaraan Menembak Internasional President Cup di Brisbane Australia.

Wakil Ketua KONI Sumut Prof Agung Sunarno di Medan, Kamis, mengatakan, prestasi gemilang Rady Shah menyabet tiga gelar di kejuaraan menembak di Brisbane Australia bisa menjadi motivasi bagus bagi atlet Sumatera Utara menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024.

"Tentu itu bisa menjadi motivasi yang sangat bagus bagi atlet kita, terutama bagi yang sedang mengikuti program Pelatda KONI Sumut," kata Guru Besar Olahraga Universitas Negeri Medan (Unimed) itu.

Apalagi, lanjut dia, Rady Shah berjuang sendiri (mandiri) di luar negeri. Diharapkan ke depan Rady mau tampil atau berbicara atau menuliskan perjuangannya itu melalui media, supaya menjadi motivasi bagi atlet lainnya khususnya bagi atlet Sumatera Utara lainnya.

"Prestasi Rady sangat membanggakan. Saya juga sudah mengucapkan selamat kepadanya. Kita berharap Rady mampu mempertahankan prestasi terbaik di berbagai belahan dunia," katanya.

Prof Dr Agung Sunarno yang sudah pernah studi banding di Negeri Kangguru itu mengatakan kejuaraan menembak, atletik dan renang, sangat digemari di Australia.

"Sebagai tuan rumah Olimpiade 2000, Australia benar-benar sudah menerapkan sports sains. Sangat ilmiah, mereka bahkan punya program Aussie Squad untuk memetakan bakat dan potensi atletnya," tuturnya.
Melalui 10 komponen yang kemudian dimasukkan ke dalam program aplikasinya, maka masing-masing atlet diketahui nomor potensialnya. "Jadi bukan sekadar cabang olahraganya saja," tambah Prof Agung.

Karenanya kemampuan Rady Shah meraih prestasi di Australia itu, menurutnya, ikut membuat KONI Sumut bangga sekaligus sangat mengapresiasinya.

"Semoga saja nomor menembak spesialis Rady nantinya dipertandingkan pada PON mendatang, supaya menjadi sumber medali bagi Sumatera Utara," harap Prof Agung.

Pada Kejuaraan Menembak President Cup di Brisbane, Australia, pekan lalu, Rady Shah menjuarai nomor jarak 600 yard serta juara umum nomor gabungan 500 yard plus 600 yard.

Empat hari berselang, Rady kembali menorehkan prestasi gemilang di Kejuaraan King Cup di Belmont, Australia.

Putra bungsu tokoh pemuda Meherban Shah itu memenangkan nomor lomba jarak 900 yard dengan mengumpulkan poin tertinggi 59.004. Dia unggul 002 poin dari Carol Hullet (Geelang) di peringkat kedua dengan nilai 59.002 dan peringkat ketiga Peter Noonan (Pasific) 58.006 poin.

Selain itu ia juga menduduki peringkat tiga 3 di 900 yard dan merupakan peserta termuda. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023