Jelang Pemilu, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Humbang Hasundutan (Humbahas) AKBP Hary Adrianto memeriksa gudang logistik KPU yang terletak di Desa Sosorgonting, Kecamatan Doloksanggul, pada Senin (23/10).

Pengecekan tersebut kata Hary, Selasa (24/10), di Mapolres setempat, sebagai salah satu bentuk komitmen Polri dalam pengamanan dan memantau kesiapan logistik Pemilu 2024.

"Sebanyak 2.720 pics bilik suara sudah berada di dalam gudang. Kedatangan kita memastikan kesiapan gudang dan situasi lokasi gudang aman dan kondusif," ujar Kapolres. 

AKBP Hary Adrianto juga memeriksa seluruh kesiapan personel pengamanan, fasilitas hingga barang-barang yang ada di gudang yang kini jadi objek vital harus mendapat pengawasan ketat terkait keamanannya. 

"Pengamanan gudang logistik, langkah kita dalam upaya preventif menekan potensi gangguan keamanan yang terjadi saat Pemilu nanti," sambung Hary. 



Tak hanya gudang logistik, kesiapan jajaran Polres Humbahas untuk memberi jaminan keamanan masyarakat di Kabupaten Humbahas ketika menentukan hak pilihnya nanti di pesta demokrasi 2024, AKBP Hary Adrianto menguraikan pihaknya telah melakukan serangkaian kegiatan melibatkan unsur TNI, Pemkab, DPRD, Kejaksaan, KPU, Bawaslu, termasuk para ormas dan tokoh agama turut serta mensukseskan Pemilu mendatang.

"Sejak apel gelar pasukan Mantab Brata Toba kemarin, kita langsung mengadakan rapat koordinasi lintas sektoral dalam hal pengamanan Pemilu. Bersama pihak terkait kita telah menyamankan persepsi serta melakukan pengecekan kesiapan melalui deklarasi bersama Pemilu damai. Ini semua bentuk upaya kita menjamin keamanan masyarakat di Humbahas," tutur Hary. 

Bahkan, guna mematangkan langkah pengamanan tersebut, AKBP Hary Adrianto menambahkan pihaknya telah melakukan simulasi Sispamkota hingga pelatihan TFG (tactical floor game) memberi gambaran untuk memahami tindakan apa yang akan dilakukan saat menghadapi kontinjensi Pemilu nanti. 

"Tentunya menjadi harapan kita bersama segala tahapan Pemilu lancar dan aman hingga selesai. Masyarakat jangan mudah percaya kabar/isu yang belum pasti kebenarannya, hindari berita hoax. Mari bersama sukseskan moment berdemokrasi ini dengan sehat, aman dan damai," ajak Kapolres mengakhiri.

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023