PT Agincourt Resources, perusahaan tambang Emas Martabe mengadakan layanan operasi katarak gratis di Rumah Sakit Mata Pematang Siantar, 20-21 Oktober 2023.

Senior Manager Corporate Communications Katarina Siburian Hardoyo didampingi Manager Corporate Communications Reni Radhan, Jumat (20/10), mengatakan, perusahaan melayani operasi 300 mata di rumah sakit tersebut. 

Hari pertama tercatat 127 pasien dari Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun Deli Serdang dan Asahan. 

Kegiatan ini rangkaian operasi katarak gratis, yang telah diselenggarakan di RS Bhayangkara Batangtoru dan RSUD Sipirok, pada Oktober 2023 dan berikutnya Kota Medan pada November 2023, setelah di RS Mata Pematang Siantar. 

Katarina mengatakan, operasi katarak gratis merupakan bentuk kepedulian perusahaan tambang kepada masyarakat di bidang kesehatan melalui program Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan. 

Selama ini melayani pasien di 15 desa lingkar tambang, meluas ke kabupaten/kota wilayah Provinsi Sumatera Utara supaya manfaatnya dirasakan banyak penderita. 
Harapannya, dengan kembali normalnya penglihatan, penderita bukan hanya bisa melihat keindahan dunia, tetapi bisa mandiri kembali. 

Asnimah Sinaga (73), warga Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun mengucapkan terimakasih dengan kepedulian PT Agincourt Resources yang memberi bantuan operasi katarak secara gratis. 

Dia mengaku mengalami pandangan berkabut pada mata sebelah kanan selama lima tahun, sehingga sangat mengganggu penglihatan. 

Berbagai pengobatan telah dilakukan, secara medis sederhana berupa obat tetes mata dan tradisional, tetapi tidak membantu, hanya bersifat sementara. 

Sedangkan untuk operasi katarak Asnimah tidak pernah melakukan, karena ketidakmampuan membayar biaya. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023