Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian meluncurkan program Gerakan Pangan Murah Serentak, Senin (16/10), di halaman Kantor Dinas Pariwisata. 

Gerakan pangan murah ini diluncurkan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober 2023 bertemakan "Air adalah Kehidupan, Air adalah Makanan, Jangan Tinggalkan Siapapun".

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mengatakan, peluncuran gerakan pangan murah juga sebagai upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan di Kota Pematang Siantar.

Disebutkan, tujuan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya masalah pangan, termasuk di antaranya terkait kenaikan harga beberapa komoditas pangan. 

Beberapa bulan terakhir ini, sebut dr Susanti, ada peningkatan harga beberapa komoditas pangan, di antaranya beras, minyak goreng, gula pasir, telur, daging ayam ras.

Untuk itulah, pemerintah dengan pemangku kepentingan terkait harus bergerak bersama dalam pengendalian, pencegahan dan penanganan gejolak-gejolak pasokan dan harga bahan pangan tersebut. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023