Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar mengadakan pembinaan implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Hotel Batavia, Jalan Gereja Pematang Siantar, Selasa (10/10).  

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA memaparkan, GERMAS merupakan program garda depan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang unggul. 

GERMAS, suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. 

GERMAS sejak awal dirancang sebagai program lintas sektor yang melibatkan 20 kementerian dan lembaga, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, dunia usaha, serta masyarakat. 

Dengan demikian, gerakan ini diharapkan bisa menjadi andalan untuk menjaga kesehatan secara holistik yang bertumpu pada kemandirian masyarakat.

Makanya, dr Susanti juga berharap masyarakat Kota Pematang Siantar mampu melaksanakan GERMAS secara mandiri, sehingga dapat memperbaiki kondisi kesehatan yang selanjutnya dan meningkatkan perekonomian masyarakat. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023