Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution mendukung penuh pelaksanaan Anugerah Musik Medan (AMM) 2023 sebagai penghargaan kepada musisi maupun pencipta lagu di daerah setempat.

"Pak wali kota memberi kesempatan bagi para pelaku kreatif lainnya, sehingga bisa kita angkat dan bersaing di tingkat lokal, nasional dan internasional," ucap Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Yuda Pratiwi Setiawan di Medan, Sumut, Minggu.

Pihaknya menyebutkan pagelaran AMM ini merupakan apresiasi dari Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kota Medan kepada para musisi lokal.

Ada 15 genre musik yang bakal diikutsertakan untuk mendapatkan Anugerah Musik Medan 2023, di antaranya pop, rock, jaz, blues, rap, country, reggae, ballad dan cadas.

"Ini menjadi pemberian apresiasi PAPPRI yang membantu kami Dinas Pariwisata Kota Medan, sehingga ajang ini akan terlaksana pada 10 atau 11 November 2023," ungkap Yuda.

Ketua DPC PAPPRI Medan Sayed Faisal mengatakan AMM 2023 merupakan proyek percontohan bagi musisi lokal agar di daerah lainnya di Indonesia juga dihargai.


"Anugerah Musik Medan 2023 ini bukan festival, namun penghargaan tertinggi buat musisi Kota Medan," kata dia.

Apalagi, lanjut dia, Kota Medan sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Utara telah terbukti mampu menghasilkan musisi hingga kancah nasional, dan bahkan internasional.

"AMM 2023 salah satu bukti keseriusan Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution kepada anak muda kreatif mengembangkan diri, sehingga diangkat di kancah nasional dan internasional," ujarnya.

Sejak pendaftaran dibuka oleh pihaknya pada Mei lalu, sudah sekitar 80 musisi Kota Medan mendaftarkan karyanya dan akan ditutup pada 15 Oktober 2023 dengan harapan mendapat minimal 100 musisi.

Berbagai karya musik yang masuk akan dinilai kurator baik dalam maupun luar PAPPRI Medan, di antaranya Hansen Teo, Teuku Rio dan Yogi Wasta, serta PAPPRI pusat, antara lain Dicky Dharmawan, Marshel, Andre Hehanusa dan Once Mekel.

"Musisi indie KTP Medan bisa langsung submit karyanya melalui www.amm-awards.com atau dapatkan informasi media sosial amm.awards atau kanal resmi Dinas Pariwisata Kota Medan," papar Sayed.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023