Perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) umum, Kota Pematang Siantar pada periode Agustus 2023 mengalami deflasi bulanan sebesar -0,11persen. 

Dalam rilis, Jumat (29/9), Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar Muqorobin menyebut, penyumbang deflasi pada bulan ini adalah daging ayam ras, bawang merah, bawang putih, dan ikan tongkol. 

Sedangkan komoditas penyumbang Inflasi, kenaikan biaya perguruan tinggi, harga cabai merah, dan tomat.

Kenaikan harga akademi/perguruan tinggi terjadi seiring dengan periode penerimaan mahasiswa baru, kenaikan harga cabai merah dan tomat karena penurunan pasokan. 

Sementara Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani SpA, pada pertemuan tingkat tinggi TPID pada 26 September 2023, menilai, inflasi terkendali pada triwulan ketiga tahun 2023, merupakan hasil sinergi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang semakin solid dan terarah.

dr Susanti pun meminta seluruh pihak yang terlibat dalam TPID untuk tetap berkoordinasi sehingga inflasi, khususnya di Kota Pematang Siantar dapat dalam kondisi baik.

Pertemuan tingkat tinggi (High Level Meeting) TPID diharapkan menjadi wadah koordinasi dalam mengambil langkah-langkah atau antisipasi yang perlu dilakukan, dalam menjaga stabilitas harga.
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023