Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di sebagian besar ibu kota provinsi di Indonesia cerah berawan pada Jumat siang.
 
Melansir laman resmi BMKG di Jakarta, ibu kota provinsi yang diprakirakan cerah berawan pada Jumat siang, yakni Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jambi, Bandung, Pontianak, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Ternate, Mataram, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Manado.
Sedangkan wilayah Palembang, Kupang, Banjarmasin, Surabaya, Semarang, Gorontalo, dan Jakarta pusar diprediksi cerah.

Sementara, beberapa wilayah berpotensi berawan, yakni Banda Aceh, Denpasar, Palangka Raya, Bandar Lampung, Ambon, Pekanbaru, dan Padang.

Masyarakat di wilayah Medan diminta waspada hujan sedang yang akan terjadi pada siang hari, dan hujan ringan pada malam hari.

Begitu juga masyarakat di wilayah Tanjung Pinang dan Kota Jayapura agar waspada hujan ringan yang akan terjadi pada siang hari.
 

Hujan ringan juga diprediksi akan mengguyur wilayah Manokwari sepanjang hari.

Sebelumnya, BMKG mengimbau masyarakat yang beraktivitas di pesisir agar mewaspadai potensi gelombang tinggi hingga empat meter di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 21-22 September 2023.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Jakarta, Kamis (21/9).

Adapun peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue-Kepulauan Mentawai, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, Selat Ombai, perairan Kupang-Pulau Rote, Samudera Hindia selatan Kupang, dan Selat Karimata bagian selatan.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023