Sebanyak tujuh atlet asal Sumatera Utara dari sejumlah cabang olahraga turut memperkuat kontingen Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou, China, yang berlangsung dari 23 September sampai 8 Oktober.

Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis di Medan, Kamis, memberikan apresiasi kepada ketujuh atlet tersebut karena berkesempatan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Dari tujuh atlet yang memperkuat kontingen Indonesia, sebanyak empat di antaranya tampil di cabang olahraga wushu, yaitu Haris Horatius (wushu taulo), Nicolas (wushu taulo), Samuel Marbun (wushu sanda), dan Harry Brahmana (wushu sanda). Sedangkan tiga atlet lain adalah Dara Latifah (balap sepeda), Abdul Hafiz (atletik), dan Deshinta Banurea (karate).

Pihaknya berharap seluruh atlet tersebut dapat mempersembahkan medali untuk kontingen Indonesia sebagai ajang pembuktian diri dari latihan yang selama ini telah dijalani. 

"Nantinya, mereka juga akan menjadi andalan Sumut di PON. Kita juga tentunya berharap prestasi mereka yang sampai kancah internasional dapat menjadi motivasi bagi atlet-atlet lainnya agar ke depan juga bisa berlaga di pentas internasional," katanya.
Kontingen Indonesia di Asian Games Hangzhou, China, berkekuatan 576 orang, dengan 413 di antaranya adalah atlet yang akan mengikuti 30 cabang olahraga dari total 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Cabang-cabang olahraga yang diikuti Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou adalah akuatik, anggar, atletik, angkat besi, bola basket, bulu tangkis, bridge, catur, esports, gulat, jujitsu, karate, dan kurash, menembak, balap sepeda, sport cycling, perahu naga (dragon boat), taekwondo, tenis, triathlon, soft tennis, sepak takraw, dan wushu.

Pemerintah menargetkan Indonesia di Asian Games kali ini mampu masuk peringkat 12 besar.

Target tersebut di bawah prestasi Indonesia ketika menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 yang saat itu berada di peringkat empat dengan mengoleksi 31 medali emas, 24 perak, dan 42 perunggu.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023