Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin berharap penyelenggaran Asia Pasific Rally Championship (APRC) Danau Toba 2023 yang akan berlangsung di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, 22-24 September 2023 memberikan dampak pariwisata di wilayah ini.

“Saya mendukung penyelenggaraan event internasional ini, kita harapkan ajang ini dapat membawa dampak besar bagi masyarakat Sumut,” ujar Hassanudin usai menerima kunjungan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, di Medan, Selasa.

Hassanudin mengatakan, ajang internasional tersebut merupakan salah satu cara untuk menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkujung ke Sumut.

Untuk itu, ia meminta pemangku kebijakan terkait untuk memperbanyak ajang nasional hingga internasional di wilayah ini.

"Ajang tersebut juga sejalan dengan program destinasi wisata super prioritas Danau Toba. Program pariwisata mestilah dilengkapi dengan memperbanyak kegiatan nasional hingga internasional. Kita harap juga, kegiatan ini dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara,” kata Hassanudin

Ketua IMI Sumut Harun Nasution mengatakan ajang balap internasional tersebut diselenggarakan di kawasan Danau Toba.
Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan tersebut akan mendatangkan manfaat besar bagi masyarakat Sumut.

“Event ini kami laksanakan bukan hanya sekadar untuk hobi saja, kami laksanakan untuk tujuan besar yang sejalan dengan program pemerintah destinasi wisata super prioritas Danau Toba, kami juga datangkan UMKM, dan semoga dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara,” kata Harun.

Sementara itu, Pembina IMI Sumut Musa Rajekshah mengatakan pariwisata harus didukung dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan.

“Pariwisata ini tanpa kegiatan tidak akan besar,” kata Ijeck.

Mantan Wakil Gubernur Sumut ini juga menjelaskan kegiatan tersebut akan diikuti oleh pembalap dari mancanegara dan lokal.

"Karena itu, kegiatan tersebut juga diharapkan menjadi ajang promosi Danau Toba pada pembalap mancanegara dan pengunjung yang menyaksikan balapan tersebut," kata Ijeck

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023