PT Hutama Karya (Persero) mulai Rabu, 20 September 2023 mengoperasikan Tol Binjai Langsa Segmen Stabat - Kuala Bingai sepanjang 7,55 Km. 

"Setelah sebelumnya mengoperasikan Tol Binjai - Langsa Seksi 1 (Binjai - Stabat) sepanjang 12,3 Km 11 Februari 2022, mulai 20 September Tol Binjai Langsa Segmen Stabat - Kuala Bingai dioperasikan," ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangan di Medan, Selasa. 

Pengoperasian perdana ruas tol itu dimulai pukul 07.00 WIB. 

Tjahjo Purnomo menegaskan bahwa selama fase pengoperasian, akan dilakukan sosialisasi sistem beroperasi tanpa biaya dan penggunaan kartu uang elektronik.

"Selama sosialisasi yang belum berbayar hanya untuk ruas Stabat- Kuala Bingai dan sebaliknya saja. Jadi pengguna jalan yang melintas dari arah Binjai ke Stabat atau sebaliknya tetap dikenakan tarif normal," katanya. 

Adapu  tarif tol Stabat - Kuala Bingai masih menunggu Keputusan dari Kementerian PUPR.

"Untuk estimasi tarif segmen Stabat - Kuala Bingai akan kami informasikan nanti setelah ada Kepmen PUPR, tetapi diperkirakan sekitar Rp1.262/Km-nya," ujarnya.

Dia mengingatkan, kartu uang elektronik saat ini merupakan alat transaksi yang sangat krusial terutama di jalan tol. 
Oleh karena saat ini sudah serba "cashless", katanya, pengguna jalan tol yang ingin melintas tol diimbau untuk dapat mengecek keadaan fisik dan saldo kartu uang elektronik terlebih dahulu. 

Tjahjo menyebutkan, kartu uang elektronik yang digunakan harus dalam keadaan baik dengan chip kartu yang masih berfungsi serta memastikan bahwa saldo kartu uang elektronik cukup untuk mengantisipasi terjadinya antrian di gerbang tol akibat kehabisan saldo.

Apabila pengguna jalan lupa mengisi saldo kartu Uang Elektronik (UE), dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

Tjahjo juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara di jalan tol dengan terus mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku sesuai dengan tagline kampanye keselamatan berkendara yang dipelopori olch Hutama Karya yaitu SETUJU (Selamat Sampai Tujuan). 

SETUJU memiliki 5 poin utama yakni SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu, SETUJU pastikan kondisi kendaraan prima, SETUJU tidak ngebut di jalan tol, SETUJU untuk istirahat jika lelah dan SETUJU Zero ODOL di jalan tol.

"Lima point itu  sangat penting sebagai dasar aturan berkendara di jalan tol sehingga kalau 5 poin tersebut diikuti dengan benar akan mengantisipasi kecelakaan maupun fatalitas di jalan tol," ujar Tjahjo Purnomo.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023