Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengungkapkan polisi pariwisata Polda Sumut diundang ke Kanada untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai kinerja kepolisian.

"Undangan Polisi Pariwisata Sumut langsung disampaikan oleh Liasion Officier Canadian Mounted Police, Mr Wayne Laviolette, saat mengadakan audiensi di Mapolda Sumut, Kamis (7/9)," ucap Agung, dalam keterangan di Medan, Jumat.

Agung menyebutkan dalam pertemuan itu, Mr Wayne Laviolette mengakui pihak Kepolisian Kanada ingin memperkenalkan program Royal Canadian Mounted Police (RCMP) di Indonesia, Sumatera Utara.

"Ini program pelayanan kepolisian bertujuan untuk melakukan kerja sama dalam peningkatan kapasitas pelayanan Polri dan berbagi pengalaman serta pengetahuan," ucapnya.
 

Kapolda menambahkan dalam pertemuan tersebut, Mr Wayne mengundang polisi pariwisata Polda Sumut.

Sebelumnya, untuk menciptakan kenyamanan di ruang publik terutama di wilayah Danau Toba yang ditetapkan sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Polda Sumut telah membentuk satuan pengamanan objek vital (Satpamobvit).

Satpamobvit beranggotakan 150 personel yang membawahi tujuh Polres penyangga kawasan Danau Toba.

Untuk menguatkan pengawasan Polda Sumut menugaskan Subdit Pariwisata yang dipimpin seorang perwira berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) yang berkantor di Ajibata, Parapat, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Pengukuhan Satuan Pamobvit ini untuk mendorong polisi pariwisata ada di daerah tersebut. Sehingga pariwisata  bisa berjalan dengan baik  bekerja sama dengan Badan Otoritas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSD) Danau Toba.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023