Kontingen Sumatera Utara menambah dua medali perak pada hari keempat Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023 Sumatera Selatan, Kamis (31/8). Dua medali perak diraih dari cabang atletik dan taekwondo.

Medali perak disumbangkan Josua Simanjuntak dari nomor 1.500 meter putra. Dia berada di posisi kedua dengan catatan 4 menit 11,92 detik. Josua hanya kalah tipis dari peraih medali  emas asal Nusa Tenggara Barat.

“Josua hanya kalah tipis dari pelari NTB itu. Kalau tidak salah, selisihhnya tidak sampai satu detik,” ujar Pelatih Atletik Sumut, Saddam Harahap ketika dihubungi, Kamis (31/8).

Atlet atletik Sumut akan kembali berlomba pada Jumat (1/9). Saddam berharap agar atlet Sumut bisa meraih medali emas, termasuk Josua Simanjuntak.

Satu medali perak Sumut lainnya diraih dari taekwondo. Atlet Sumut Hanna Salsabila harus puas dengan medali perak kelas under 49 kg putrid usai kalah dari wakil DIY. Dengan sumbangan ini, Sumut meraih 1 emas, 4 perak dan 1 perunggu dari cabang taekwondo.

Dari cabang wushu, empat pesanda asal Sumut lolos ke final yang akan dimainkan Jumat (1/9) hari ini. Keempatnya adalah Leovando di kelas 48 kg putra, Genea di kelas 52 kg putra, Yanto di kelas 65 kg putra, dan Naila di kelas 56 kg putri.

Sedangkan dari cabang tinju, empat wakil Sumut juga lolos ke semifinal. Keempatnya adalah Nona Beby di kelas 57 kg putri, Zahra di kelas kelas 63 kg putri, Juan di kelas 71 kg putra, dan Cristiano di kelas 75 kg putra.

Satu petinju Sumut yang tampil di kelas 54 kg putra, Aldo harus terhenti di semifinal. Dengan hasil ini, Aldo dipastikan meraih perunggu.

Sumut masih memiliki peluang menambah medali dari cabang panahan, tenis lapangan, angkat besi, karate, senam, dan panjat tebing yang masih memainkan babak penyisihan. Sementara du cabang pancak silat, semua wakil Sumut dipastikan gagal meraih medali. 

Ketua Kontingen Sumut, Maimun Masri berharap agar semua atlet Sumut meraih kemenangan pada pertandingan Jumat (1/9). “Mudah-mudahan semua atlet kita bisa meraih kemenangan dan menambah koleksi medali Sumut,” harap Maimun.

 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023