Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah meminta da'i dan ustaz yang tergabung dalam Forum Da'i dan Ustaz (Fodium) untuk berdakwah atau mensyiarkan agama sampai ke pelosok daerah.

“Kehadiran da’i dan ustaz muda diharapkan di tengah umat Islam untuk bisa melakukan dakwah agama, menyampaikan apa-apa yang menjadi pesan Allah, sesuai Alquran dan hadis, sampai ke pesolok daerah," ujar Musa Rajekshah saat menghadiri Pelantikan Pengurus Forum Da'i dan Usztaz (Fodium) Deli Serdang Periode 2023-2026, di Deli Serdang, Kamis.

Menurtnya, meski menjadi provinsi mayoritas muslim, faktanya penyebaran nilai-nilai atau ajaran Islam masih belum merata di beberapa daerah di Sumatera Utara , terutama daerah yang secara administratif terpencil atau sulit dijangkau karena berbagai sebab.

“Harapan kita Forum Dai dan Ustaz Muda ini bisa menjadi suatu wadah yang bisa mengirimkan ustaz-ustaz muda kita ke daerah-daerah pedalam atau minoritas,” katanya.

Ia pun menyadari hal ini tak mudah karena tantangan jarak, akses belum memadai hingga minimnya pengetahuan sehingga sering terjadi penolakan dan lainnya. 
 

"Bukan hal mudah dakwah di daerah pedalaman, karena tiap daerah memiliki tantangan masing-masing, mudah-mudahan Fodium bisa menghadapi tantangan-tantangan," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Ijeck ini juga berharap Forum Da'i dan Usztaz bisa terbentuk di setiap kabupaten/kota se-Sumut.

“Tadi disampaikan sudah 12 kabupaten/kota yang terbentuk, insya Allah, terbentuk lagi daerah lainnya. Mohon maaf untuk organisasi seperti ini pastilah tidak ada anggarannya, tak ada yang menetap membiayai tapi yakinlah bila kita bekerja untuk agama pasti Allah balas, janji Allah tak pernah ingkar,” katanya.

Baca juga: Wakil Gubernur Sumut bertemu Dubes Malaysia bahas potensi kerja sama

Ketua Panitia Pelantikan, Ragil Al Hafiz menyampaikan acara ini mengangkat tema peran da’i dan ustaz muda dalam meningkatkan pemahaman ke-Islaman dan membina keberagaman umat menuju Indonesia Emas 2024.

“Tema ini kami menjadi harapan kita kepada seluruh pengurus yang dilantik. Pengurusan yang dilantik ada sebanyak 40 orang terdiri dari berbagai bidang,” ujar Ragil.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023