Toba Pulp Lestari (TPL) berkontribusi dalam memberikan dukungan ketersediaan akses air bersih untuk warga di Dusun Golat, Desa Hutatinggi, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, sebagai salah satu komitmen terhadap masyarakat dan lingkungan di wilayah operasionalnya.

Dukungan yang diberikan oleh TPL berupa perbaikan pipa dan pembuatan bak penampung serta bendungan air untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga sehari-harinya. 

Sebab, perusahaan meyakini bahwa setiap individu memiliki hak atas akses air bersih untuk membentuk generasi yang sehat sehingga memiliki daya saing bangsa yang lebih baik. 

"Program bantuan sarana air bersih ini tidak hanya fokus untuk meningkatkan kemudahan akses air bersih saja, namun memiliki tujuan jangka panjang yang lebih luas mencakup peningkatan indeks kesehatan masyarakat dan mempercepat penurunan angka gizi buruk yang disebabkan oleh kualitas air di lingkungan," ujar Community Development (CD) Officer TPL Sektor Aek Raja, Maria Pasaribu, Sabtu (26/8).
 

Dikatakan, perusahaan siap mengambil bagian dalam mendukung inisiasi pembangunan berkelanjutan yang merujuk pada Sustainable Development Goals (SDGs), salah satunya, TPL menjalankan salah satu tujuan dari SDGs yakni pemerataan akses air bersih dan sanitasi yang layak.

Tegas Manalu, Kepala Desa didampingi Jujur Nainggolan selaku Kepala Urusan Pemerintahan Hutatinggi menyatakan, dukungan ini akan dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga desa.

Ia juga menambahkan, kehadiran perusahaan di Desa mereka berdampak positif dan sudah dirasakan dengan dukungan program pengembangan masyarakat serta penyerapan tenaga kerja warga di desanya.

"Pertama sekali kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada TPL atas dukungan yang diberikan sebagai bentuk perhatian kepada kami, masyarakat yang berdekatan dengan wilayah operasional perusahaan. Kami berharap sarana sumber air bersih ini dapat dirawat dengan baik oleh seluruh masyarakat desa terkhusus warga Dusun Golat, sehingga manfaat dari air bersih ini dapat dirasakan secara maksimal," sebutnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023